KOMODITI

Angkutan CPO, PKO & Lateks

CPO (Crude Palm Oil) merupakan komoditi unggulan yang diangkut dengan kereta api di Sumatera Utara. Sejak perkeretaapian di Sumatera Utara dibangun oleh Deli Spoorweg Maatschappij (DSM) sampai sekarang dikelola oleh PT Kereta Api Indonesia, angkutan hasil perkebunan seperti CPO, PKO (Palm Kernel Oil), dan Lateks masih tetap dioperasikan. Jalur-jalur kereta api bahkan sejak jaman DSM dibangun sampai masuk ke area perkebunan dan pabrik pengolahan kelapa sawit yang kini milik PT Perkebunan Nusantara (PTPN) III dan PTPN IV.

Read More

Angkutan Peti Kemas

Angkutan petikemas (container) hingga saat ini banyak diminati para pelanggan lama maupun baru. Berbagai komoditi juga bisa diangkut dalam petikemas, bahkan lebih cepat (efisien) waktu saat bongkar-muat (loading-unloading) sehingga jadwal keberangkatan dan pemberangkatan kembali bisa lebih cepat. Apalagi proses bongkar-muat didukung dengan fasilitas alat seperti Forklift, Reach Stacker dan Gantry Crane.

Read More

Angkutan General Cargo

Angkutan KA General Cargo disiapkan khusus untuk mengangkut kiriman barang dalam bentuk paket. Sarana yang digunakan bukanlah gerbong melainkan kereta khusus bagasi (B) berwarna hijau dengan kapasitas muatan maksimum 20 ton.

Read More

Angkutan Pulp

Angkutan barang PT. Kereta Api Indonesia (Persero) tidak hanya menjalin kerja sama dengan perusahaan BUMN saja. PT Kereta Api Indonesia (Persero) juga menawarkan jasa angkutan barang dengan perusahaan swasta untuk pengiriman/distribusi hasil produksinya. Seperti di Sumatera Selatan, Kereta Api ikut berperan dalam angkutan barang pulp (bahan baku kertas) hasil produksi PT Tanjung Enim Lestari (TEL) Pulp & Paper.

Read More

Angkutan Semen

Peluang besar masih terbuka luas untuk meningkatkan volume angkutan barang komoditi semen seiring dengan kebutuhan semen yang digunakan untuk keperluan pembangunan sektor infrastruktur maupun properti yang terus meningkat. Selain itu, distribusi semen menggunakan kereta api juga menjadi pilihan tepat karena lebih terjamin ketepatan waktu sampai di tujuan, keamanan perjalanan dan efisiensi biaya bila dibandingkan pengangkutan menggunakan truk.

Read More

Angkutan Bahan Bakar Minyak (BBM)

Distribusi bahan bakar minyak (BBM) berupa Avtur, Premium (Bensin) dan Solar ke sejumlah daerah dilakukan oleh PT Pertamina (Persero), Tbk dengan diangkut antara lain melalui kereta api, truk dan jaringan pipa distribusi bawah tanah. Kerjasama angkutan BBM dengan PT Kereta Api Indonesia (Persero) yang berjalan sampai saat ini melayani distribusi BBM antar kota/Depo Pertamina yang lokasinya berdekatan dengan jalur kereta api/ stasiun di Jawa dan sebagian Sumatera.

Read More

Angkutan Pupuk

Angkutan pupuk merupakan salah satu layanan angkutan barang yang dapat membantu pendistribusian pupuk untuk memenuhi kebutuhan petani. Untuk saat ini PT Pupuk Sriwijaya Palembang berkerjasama dengan PT Kereta Api Indonesia (Persero) dalam mengangkuta angkutan pupuk dari Cilacap ke beberapa daerah seperti ke Gombong, Maguwo, Ceper dan Prupuk. Dengan angkutan menggunakan Kereta Api diharapkan distribusi pupuk Nasional menjadi lebih cepat sampai dan biaya logistik dapat ditekan.

Read More

Angkutan Multikomoditi (Baja Coil)

Angkutan Baja Coil merupakan kerjasama antara PT Kereta Api Indonesia (Persero) dengan PT Krakatau Bandar Samudera dalam mengangkut Produk yang dihasilkan oleh PT Karakatau Steel (Persero), Tbk berupa lembaran baja gulung (coil) dari pabriknya di Cilegon hingga ke Kalimas, Surabaya.

Read More

Angkutan Multikomoditi (Galon Air Mineral)

Angkutan galon air mineral merupakan kerjasama antara PT Kereta Api Indonesia (Persero) dengan dalam mengangkut galon air mineral yang dihasilkan oleh PT Tirta Investama (Danone Aqua) menggunakan Jug Rack dari sumber air mineral di daerah Bogor ke Jakarta.

Read More

Pengembangan Angkutan

PT Kereta Api Indonesia (Persero) terus melakukan inovasi dalam mengembangkan angkutan barang baik dari segi pelayan, fasilitas saran, prasarana dan produk. Salah satu inovasinya adalah angkutan mobil menggunakan kontainer, dimana dalam sekali perjalanan dari Jakarta ke Surabaya dapat mengangkut mobil sampai 120 mobil.

Read More

Angkutan Batubara

Jaringan jalur kereta api di Jawa dan Sumatera memiliki peran strategis dalam melayani distribusi angkutan batubara. Jalur kereta api yang langsung terhubung ke lokasi pabrik penambangan menuju akses pelabuhan dan tersedianya sarana lokomotif maupun gerbong yang sangat memadai, menjadi pilihan menarik bagi perusahaan-perusahaan tambang dan ekspeditur untuk menjalin kerjasama angkutan batubara dengan kereta api. Dari segi waktu, pengangkutan batubara dengan kereta api jauh lebih pasti dalam ketepatan waktu, cepat sampai tujuan, bebas macet, aman dan efisien dalam biaya serta merupakan transportasi massal yang ramah lingkungan.

Read More